Latest Updates

Begini Cara Berdamai dengan Haid

Menstruasi biasa dialami perempuan setiap bulannya dan kondisi ini kadang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi perempuan. Lakukan langkah-langkah berikut ini agar bisa berdamai dengan menstruasi.

Secara medis menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan yang ditandai dengan pendarahan dan biasanya berlangsung selama 3-7 hari. Umumnya siklus menstruasi rata-rata terjadi selama 28 hari.

Menjelang menstruasi banyak perempuan yang mengalami gejala premenstrual syndrome (PMS) seperti rasa kram atau nyeri, perut kembung, perubahan suasana hati hingga tidur yang terganggu. Kondisi ini tentu menimbulkan rasa ketidaknyamanan di dalam tubuh perempuan.

Berikut ini 5 hal yang bisa dilakukan oleh perempuan agar bisa berdamai saat menstruasi atau haid datang setiap bulannya, seperti dikutip dari Timesofindia, Selasa (26/6/2012) yaitu:

1. Mengonsumsi makanan sehat
Selama menstruasi atau sebelumnya perbanyak makan sayuran berdaun hijau, buah-buahan yang sedang musim saat itu dan juga meningkatkan asupan air serta cairan. Selain itu bisa ditambah dengan minum segelas susu hangat saat baru menstruasi, hindari makanan pedas dan berminyak karena dapat memperparah masalah.

2. Menghindari perut kembung
Perempuan dianjurkan olahraga secara teratur terutama di pagi hari dan mendapatkan tidur nyenyak setiap malamnya. Hal ini akan membantu menghindari perut kembung sehingga melawan sebagian besar masalah yang muncul saat menstruasi.

3. Menjaga kebersihan diri
Saat menstruasi jangan pelit menggunakan pembalut, sering-seringlah mengganti pembalut setiap 4-6 jam dan selalu cuci tangan sebelum serta sesudah mengganti pembalut.

4. Menjaga kelembaban dan tetap kering
Menjaga kelembaban dan tetap kering adalah hal yang sangat penting untuk menghindari bau yang tidak sedap serta mengurangi risiko kemungkinan terkena infeksi. Jika menggunakan celana dalam yang ketat, maka hindari pemakaian lebih dari 6 jam karena bisa menimbulkan gatal yang memicu rasa tidak nyaman.

5. Gunakan pakaian yang nyaman
Kenakan pakaian yang tepat dan nyaman di tubuh, menggunakan celana jins ketat dan atasan yang terlalu pas di badan akan menimbulkan ketidaknyamanan sehingga memperburuk kondisi. Gunakanlah warna-warna cerah sehingga tubuh merasa senang dan positif.(detikhealth)

0 Response to " Begini Cara Berdamai dengan Haid "

Posting Komentar

Entri Populer

Pengalaman Ibu Rita

Saya mengalami hipermenore yang cukup parah. Tiap haid, perdarahannya banyak dan berlangsung lama. Tepatnya antara bulan Januari - Februari 2009, saya mengalami perdarahan haid yang over banyak dan berlangsung selama 1 bulan, sampai-sampai harus masuk RS lantaran anemia. “Hb-ku drop hingga level 6, dan harus menjalani transfusi darah”.

Pada April 2009, saya kembali mengalami hipermenore, perdarahan haidnya sudah berlangsung selama 3 minggu. Saat browsing di internet, saya menemukan website FEMONA Setelah berkonsultasi selanjutnya saya memutuskan untuk mengkonsumsi FEMONA saat itu juga.

Selama minum FEMONA dengan dosis 6 kapsul/hari. Secara bertahap hari demi hari perdarahannya terus berkurang secara signifikan dan akhirnya berhenti total pada hari keempat. Sejak itu saya terus konsumsi FEMONA dengan dosis pemeliharaan kesehatan (2 kapsul/hari), dan hingga saat ini saya tidak pernah mengalami hipermenore lagi. (Rita Marinna,36 th, IT-Application Developer, Jakarta)

Pengalaman Ibu Linda

Tiga tahun lebih siklus menstruasi saya tidak teratur. Haid saya datangnya 3- 4 bulan sekali, bahkan pernah sampai 6 bulan. Saya sudah coba periksa ke dokter, dan hanya haid kalau minum obat dari dokter. Tapi setelah obatnya habis, haid saya kacau lagi. Sampai akhirnya pada 15 Februari 2009, saya mulai konsumsi Femona.

Setelah 13 hari minum Femona secara rutin setiap hari dengan dosis @ 2 kapsul setiap pagi dan sore, akhirnya saya dapat haid lagi. Selama 3 hari pertama haid, darah yang keluar banyak sekali tapi selanjutnya normal. Sejak itu , siklus haid saya normal hingga sekarang. (Linda, 28 th, karyawati, Bandung)

Pengalaman Ibu Dona

Saya sudah 20 tahun mengalami PMS. Setiap menjelang haid, saya selalu mengalami berbagai gangguan seperti perut mual, kepala sakit, badan lemas, pinggang nyeri dan pegal-pegal serta emosi labil. Sudah 20 tahun juga saya mengalami nyeri haid yang cukup parah yang kadang-kadang membuatnya sampai pingsan. Selama itu pula saya lebih banyak mengandalkan obat-obat pereda sakit untuk mengatasi penderitaan akibat berbagai gangguan menstruasi yang dialaminya.

Persis seminggu menjelang haid, saya mulai konsumsi FEMONA dengan dosis 3 x 1 kapsul/hari. Setelah konsumsi FEMONA, hari demi hari saya merasakan perubahan yang signifikan dalam tubuh. Secara bertahap gejala-gejala PMS mereda dan akhirnya hilang. Kemudian saat mulai perdarahan haid, saya meningkatkan dosis konsumsi FEMONA hingga 2 x 2 kapsul /hari. Dan hasilnya adalah nyeri haid parah yang biasa dialami sudah tak terasa lagi. (Ibu Donna, 39 th, wiraswastawati, Medan)